Posted by: kelseruaindah | March 13, 2010

Kajian Qolbun Salim Ponpes DT Serua Indah

Ciputat, 13 Maret 2010. Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Serua Indah Ciputat.

Ba’da ashar tadi alhamdulillah masih diberi nikmat iman sehingga bisa anter emak tercinta ta’lim di ponpesnya Daarut Tauhid di Kampung Dukuh, Serua Indah, gak jauh dari rumah. Acara yang dimulai dari ba’da ashar tersebut rasanya jauh dari hingar bingar, jauh dari kata promosi besar-besaran, hemmhh tidak seperti ta’lim-ta’lim Aa Gym terdahulu yang digadang-gadang selalu, dipasang spanduk dimana-mana, diliput berbagai media dan lainnya. Rasanya pengaruh keputusan Aa yang berpoligami menjadi salah satu penyebabnya. Suatu alasan yang menurut saya ‘salah’, karena menurut saya Aa hanyalah seorang manusia, toh apa yang dilakukannya diperkenankan dalam Al Quran. Jamaah yang meninggalkannya adalah jamaah yang mengkultuskan Aa Gym, mengidolakan Aa sebagai seorang profil ustadz, bukan melihat Aa dalam kacamata isi dakwah, isi taushiyah atau apapun yang Aa sampaikan sebagai seorang da’i.

Acara kali ini begitu sederhana, mungkin jamaah yang hadir sekitar 200 orang, dipelataran pesantren tepat didepan masjid pondok.

Hemmh jadi ngebahas masa yang sudah lewat. Langsung saja ke materi, Aa ternyata masih sama seperti yang dulu, dengan gayanya yang santun untaian taushiyah mengalir dari lisannya ringan bersahaja.

Rupanya ceramah Aa kali ini gak jauh dari memberikan motivasi kepada santri-santrinya yang akan melaksanakan Ujian Nasional, beberapa poin yang sempat saya catat adalah bagaimana mempersiapkan diri sebelum UN selain persiapan belajar tentunya. Aa menggaris bawahi beberapa hal amalan yang mesti dilakukan menjelang UN demi tercapainya kata LULUS diakhir ujian nanti. Amalan-amalan itu antara lain:

1. Taubat, dengan taubat yang sebenar-benarnya, dengan memohon ampun kepada Allah, beristighfar sebanyak-banyaknya sambil mengingat-ingat beribu dosa/kesalahan kita, insya allah hati kita menjadi tenang, bersih dari segala perbuatan dosa dan salah yang terdahulu. Ini menjadi penting karena hanya dengan ketenangan hati kita akan merasa siap dengan segala kondisi yang akan kita hadapi, termasuk ujian nasional.
2. Point kedua adalah perbanyak sholawat
3. Perbanyak shodaqoh, insya Allah dengan shodaqoh kita diberi kemudahan dalam melaksanakan kegiatan kita sehari-hari diberikan rejeki yang berkah termasuk rejeki kemudahan mengerjakan soal soal ujian.
4. Perbanyak Dzikir, Aa berpesan jelang UN ini setiap santri atau para peserta UN memperbanyak dzikir apapun jenis lafadz dzikirnya, asmaul husna sangat dianjurkan Aa, Yaa Fatah Yaa Alim dan sebagainya.

kurang lebih point-point itulah yang saya ingat, semoga bermanfaat.

tetap istiqomah A.

Ponpes DT Serua Indah Ciputat
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: